Senin, 26 September 2016

Kelebihan dan Kekurangan Toko Online

Ada banyak kelebihan yang menakjudkan dari toko online kalau di bandingkan dengan toko offline,tetapi kalau ada kelebihannya,pasti ada kekurangannya.Lantas apa kekurangan dan kelebihan dari toko online...? pasti agan penasaran....!!

KEKURANGAN:

* Di kenakan biaya pengiriman
Karena transaksi di lakukan secara online, maka barang yang sudah di beli tidak bisa langsung di terima, maka kita harus menggunakan jasa pengiriman. Jasa pengiriman pun harus agan sesuaikan dengan keberadaan jasa pengiriman terdekat dengan lokasi agan. Misalnya Pos, JNE, ojeg online, tiki dll, yang memerlukan biaya pengiriman.


* Pembeli tidak bisa melihat barang aslinya
Ini hal yang paling penting dan yang harus agan perhatikan, karena pembeli tidak bisa melihat barang aslinya. Agan harus memberikan informasi yang sejelas dan seakurat mungkin, Anda bisa memberi gambar tulisan bahkan video untuk meyakinkan calon pembeli.

* Repot
Karena setelah transaksi di sepakati, maka kita harus melakukan packing dan mengantar ke jasa pengiriman.


* Lamanya proses pengiriman
Jika jaraknya dekat maka pengiriman tidak terlalu lama, tetapi bila jaraknya jauh, maka pengiriman akan terasa sangat lama.


KELEBIHAN:

* Jangkauan luas
Karena toko yang di buat bermedia online,maka toko yang agan  buat pun bisa di kunjungi dari berbagai daerah, bahkan kalau memungkinkan,toko anda  bisa di kunjungi oleh orang dari luar negeri.
Apalagi kalau anda bisa menggunakan sosial media sebagai media promosi dengan  baik, pasti yang datang ke toko anda akan lebih banyak lagi.

* Hemat waktu dan tenaga
Dengan toko onlione, agan hanya perlu menjaganya dari depan laptop, bahkan tanpa diawasi pun tidak apa apa. Dengan begitu, akan menghemat waktu dan tenaga agan.

* Simple
Dengan toko online, agan  hanya perlu menjelaskan detail produk yang di jual sekali saja, yaitu saat agan sedang membuat artikel mengenai produk yang di jual. Saat pengujung datang, agan tidak perlu menjelaskan lagi, karena pengunjung tinggal membaca apa saja yang agan tulis di sana.

* Tanpa karyawan
Tidak seperti toko offline yang membutuhkan karyawan untuk menjaganya, di toko online ini, biarpun hanya agan yang menjualnya, agan bisa sukses.
Dengan begini,keuntungan yang di dapat dari toko online bisa agan ambil sendiri,tanpa agan harus membayar karyawan.

* Tanpa tempat dan bangunan
Selain tanpa karyawan, toko online juga tidakmembutuhkan tempat, karena toko online ada di deb, jadi anda akan terbebas daribiaya sewa tempat.

* Tidak harus memiliki barang sendiri
Membuat toko online pun bisa tanpa barang sendiri. Tapi jangan di salah artikan, yang di maksud di sini bukan unruk menipu orang, Tetapi kita di sini bisa menjual barang orang lain dengan menjadi reseller ataupun dropship.

* Tanpa harus di jaga setiap saat
Karena medianya online, agan tidak perlu menanti pelanggan dengan selalu membuka toko online agan.Karena transaksi bisa melalui telepon, sms, email, wa,dan bbm dll.


Itulah kekurangan dan kelebihan  berjualan secara online. Semoga bermanfaat.

Amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar